Senin, 14 Juni 2010

CARA MEMBUAT PARFUME..

Mungkin anda adalah tipe orang yang rela kembali ke rumah jika lupa mnggunakan parfum. Parfum memang menjadi barang wajib bagi wanita, karena selain untuk menyegarkan diri, parfum juga berguna untuk memberi kesan terhadap orang lain. Nah, jika anda sudah bosan dengan aroma parfum yang itu-itu saja, tidak ada salahnya mencoba membuat parfum ramuan anda sendiri yang sudah jelas beda dari orang lain.

1. Siapkan bahan-bahan dan peralatan, seperti :

* Beberapa minyak esensial murni (essential oil) seperti mawar, lavender dan cendana
* Alkohol
* Air murni atau air suling
* Botol kaca
* Pengaduk kaca
* Alat penetas kaca
* Alat penyaring kopi

2. Pilih empat elemen (notes) parfum yaitu base, middle, top dan bridge. Elemen base akan melekat lebih lama di kulit dan harumnya lebih kuat, seperti vanili, cengkih dan minyak nilam. Wangi middle notes biasanya baru terasa setelah setengah jam parfum disemprotkan, contohnya geranium dan kenanga. Top notes yang terdapat dalam citrus dan floral akan tercium saat pertama kali di semprotkan. Sementara bridge notes dipakai untuk menyatukan ketiga elemen lainya. Dengan menggunakan penetas kaca, satukan beberapa tetes minyak esensial tersebut dalam sebuah botol kaca kecil. Jangan ragu untuk mencampurkannya hingga menemukan wangi yang cocok dengan selera Anda.


3. Tambahkan 250 gram alkohol murni dengan perbandingan minyak esensial 15-30 persen, alkohol 70-85 persen dan air 5 persen. Hindari alat-alat berbahan besi, gunakan yang dari kaca kemudian aduk selama beberapa menit. Semakin lama diaduk akan semakin baik.


4. Simpan selama 48 jam di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Lebih lama waktu penyimpanan semakin baik wangi parfum yang dihasilkan.


5. Tambahkan air murni sebanyak dua sendok makan. Aduk perlahan tapi dengan teratur dan waktu yang cukup lama. Jika Anda merasa formulasi terasa terlalu kuat, tambahkan air dan campurkan kembali. Semakin lama didiamkan akan semakin kuat wangi yang dihasilkan.


6. Bila campuran tersebut telah siap, saring dengan penyaring kopi agar endapan dan kotoran yang terdapat selama proses pembuatan tidak ikut terbawa. Lalu tuangkan ke botol penyimpanan. Sebaiknya gunakan botol yang bewarna gelap agar parfum tidak cepat menguap. IndoFamilyWomen/nl

1 komentar: